Dec 8, 2014

[COVER] Sayoko (Little Girl of the Night)

Suatu hari, ketika sedang browsing Soundcloud, saya menemukan cover dari sebuha lagu berjudul Sayoko. Dari judulnya, jelas lagu ini adalah lagu Jepang, dan ketika pertama kali mendengarnya, saya jatuh cinta dengan musik dan irama lagu ini tanpa mengerti arti dari lagu ini.

Lalu, saya cari terjemahan dari liriknya. Ternyata, lagu ini agak-agak depressing ya. -___-

Sayoko sendiri adalah nama gadis yang cukup umum di Jepang, jadi saya berasumsi karakter "Aku" dalam lagu ini bernama Sayoko. Tapi, cara penulisan namanya [小夜子] dapat dibaca sebagai Little Girl of the Night.

Lagu ini bercerita tentang seorang gadis yang kesannya sudah tidak punya tujuan hidup dan ingin mati saja. Dari ciri-ciri yang tergambar, sepertinya tokoh Sayoko ini menderita penyakit mental tertentu. Hal ini tergambar dari sikap apatisnya terhadap dunia, serta betapa dia 'lelah' untuk hidup. Bahkan di awal lagu, disebutkan bahwa dia mengkonsumsi obat.

Tema yang lumayan berat dan depressing, memang. Jika membaca terjemahan liriknya, rasanya hati saya seperti ditarik-tarik. Lirik dan terjemahannya bisa ditemukan di sini:

Lagu Sayoko ini termasuk lagu Vocaloid yang dinyanyikan menggunakan karakter Hatsune Miku. Iya, karakter imut-imut dengan suara melengking itu. Ternyata banyak lagu-lagu vocaloid yang lumayan dark and depressing. Tapi memang harus diakui, lagu-lagu vocaloid juga banyak yang catchy dengan aransemen yang keren dan digarap secara serius. Setelah mendengar beberapa lagu Vocaloid, Sayoko menjadi salah satu favorit saya.

Nah, beberapa hari yang lalu, saya terpikir untuk mengisi akun soundcloud saya dengan hobi saya yang satu lagi: menyanyi. Saya suka menyanyi, dan lagu ini cukup easy listening, serta masuk dalam range suara saya ayng lumayan pas-pasan. Jadilah ketika saya sedang sendirian di apartemen, saya coba menyanyikannya dan direkam.

Saya menggunakan lirik versi bahasa Inggris yang diadaptasi oleh fan. Walaupun saya lebih suka lirik aslinya, tapi suara dan lidah saya lebih bersahabat menyanyikan yang bahasa Inggris. Tidak seperti cara rekaman anak-anak Soundcloud kebanyakan, karena saya hanya ingin tes rekaman dan ingin tahu suara saya akan terdengar seperti apa, saya menyanyikan semua bagian dari lagu dalam satu kali tarikan, tidak ada tambal-sulam ataupun tambahan suara dua. Karena saya juga tidak terlalu bisa mixing, hahaha...

Ini awalnya saya nyanyikan begitu saja diiringi musik instrumental yang mengalundari speaker saya. Jadi ketika rekamannya selesai, memang suara musiknya jadi cempreng. Seorang teman membantu untuk menumpuk instrumentalnya lagi sehingga musiknya terdengar bagus, walau suara saya jadi agak mendem, hahaha... Yah, tapi namanya juga percobaan.

Lain kali, saya akan rekaman dengan serius dan mixing yang bagus. Untuk sekarang, ini hasil percobaan rekaman ala-ala saya yang pertama. XD

Lirik versi bahasa Inggris yang saya gunakan ada di sini: