May 28, 2014

"After School Horror"

Mungkin ada yang sudah baca novelnya atau nonton filmnya?

Ya, AFTER SCHOOL HORROR sebetulnya adalah novel horror berisikan kumpulan cerita hantu di sekitar lingkungan sekolah, kampus dan kost-an yang ditulis oleh Nana R. Praptini a.k.a Mamaku tersayang :D

Begini penampakan bukunya:

Hujan turun deras dan motorku sulit untuk di-starter. Aku bimbang, ingin bolos tapi rasanya harus tetap les. Akhirnya aku memutuskan untuk pergi. Dalam perjalanan, di tikungan yang gelap, sebuah mobil muncul dengan kecepatan tinggi. Aku terlambat menyadari kedatangannya. Kubanting setang motor ke kiri untuk menghindari tabrakan. Tapi percuma…. Aku terjatuh dan kepalaku terbentur pembatas jalan dengan sangat keras. Darah segar mengalir dari kepalaku, tubuhku terasa lumpuh seketika. Sakit sekali rasanya. Sedikit demi sedikit rasa dingin menjalar ke seluruh tubuhku….Prita tidak bisa melanjutkan membaca surat yang ditulis Lydia, muridnya. Bulu kuduknya bergidik. Bagaimana mungkin Lydia bisa hadir di kelas dan menulis surat itu, padahal dia sendiri sudah menghembuskan napas terakhir di perjalanan?

Kisah horor dan seram banyak terjadi di sekitar kita, tidak terkecuali ketika kita mencari ilmu—di bangunan kampus tua, sudut-sudut kelas sepi, atau toilet gelap sekolah yang selalu kamu hindari. After School Horror berisi delapan cerita nyata yang terjadi di lingkungan kampus dan sekolah. Membuktikan bahwa mereka juga ada di sekitar kita. Bersiaplah untuk jam pelajaran tambahanmu…, yang penuh teror….

Somehow, buku ini menarik MD Entertainment untuk membuat versi adaptasi layar lebar-nya. Film After School Horror sendiri sudah mulai tayang sejak 22 Mei 2014 lalu.

Di sekolah, beredar urban legend tentang bilik toilet yang sudah lama dikunci. ANDI (Chris Laurent), RINO (Maxime), dan VINA (Pamela Bowie) menyuruh juniornya, SINTA (Indah Permatasari) untuk membongkar pintu itu sebagai bagian dari rangkaian Jurit Malam calon pengurus OSIS.
Sejak saat itu, gangguan demi gangguan supranatural mereka alami. Tidak hanya mereka, tapi juga menyebar ke kakak Sinta, ARUM (Marissa Nasution). Lama kelamaan, mereka tidak tahan, sehingga melawan balik. 
Dari penjaga sekolah, mereka mendapat berita bahwa itu adalah hantu ASIH yang penasaran. Asih adalah seorang siswi yang jatuh cinta kepada guru mereka, PAK NORMAN . Dibantu oleh sahabat Asih dari masa lalu, FRANS, mereka harus mengembalikan Asih yang terlepas ke tempatnya. 



Dari sinopsisnya saja sudah kelihatan bahwa film ini akan sangat berbeda dari bukunya, ya? Memang, MD Entertainment hanya mengambil inspirasinya saja dari buku karya Mamaku ini, sedangkan naskah film-nya ditulis ulang oleh mereka. Hanya ada beberapa 'esensi' yang diambil dari bukunya. Kira-kira, kalian yang sudah baca bisa menebak bagian mana yang diambil dari bukunya? :)

Trailer:

Secara keseluruhan, menurut pendapat pribadi saya, buku dan film-nya tidak bisa saling dibandingkan. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, juga cerita yang berjalan sendiri-sendiri. Jadi, daripada pusing-pusing membandingkan ceritanya satu-sama lain, lebih baik nikmati saja buku dan film-nya secara terpisah yaa :D
Saya sendiri juga berkesempatan untuk menonton film ini ketika menemani Mama hadir di Gala Premiernya di Planet Hollywood. Dari segi ide cerita, menurut saya film ini cukup 'dekat' dengan dunia remaja, ya. Hanya saja memang sepertinya dari depan sampai belakang, film ini terlalu konsen menampilkan adegan seram, sehingga kurang ruang untuk menggali dan mendalami baik cerita maupun karakter-karakternya.
Tapi dalam tulisan kali ini, saya tidak akan menuliskan pendapat saya mengenai film ini. Takutnya spoiler buat yang belum nonton :D Mungkin kapan-kapan ya, akan saya beberkan pendapat saya dan Mama untuk film ini.
Overall, saya dan Mama sangat senang dengan adanya versi adaptasi dari buku Mama ini.

Buat yang ingin buku AFTER SCHOOL HORROR-nya ditandatangani oleh penulisnya, Nana R. Praptini, juga yang ingin ngobrol atau tanya-jawab, bisa datang ke JAKARTA BOOK FAIR di hari KAMIS, 29 MEI 2014 JAM 16:00 dan bertemu langsung untuk book signing. Keterangan selengkapnya bisa kontak ke mbak Elly selaku editor buku ini di twitter-nya @RyAzzura. Thanks!